Pengertian, Fungsi dan Jenis Processor



Pengertian, Fungsi dan Jenis Processor - Hallo sobat Vinix77! Kali ini gw bakal mengulas beberapa informasi mengenai Processor. Gw yakin, kalian semua pasti sering mendengar kata "Processor" saat berbicara tentang komputer. Ya, bagaimana tidak, processor bisa kita sebut sebagai otaknya komputer, karena processor inilah yang menjadi pusat pengendalian dari sebuah komputer. Di sini, gw bakal mengulas tentang pengertian, fungsi, dan juga jenis-jenis processor.

Saat bekerja, processor tak sendirian lho! Ia dibantu oleh komponen-komponen komputer lainnya, seperti Motherboard, RAM, VGA, dll. Secara mekanisme, processor bertugas untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang di inputkan.

Semua data akan melewati processor guys, jadi ada 2 jalur data yaitu "input" dan "output". Input adalah data yang masuk ke dalam processor dan output adalah data yang keluar, alias hasil olahan dari si processor tadi. Data input biasa kita sebut sebagai bahan mentah yang nantinya akan diolah oleh processor menjadi data output atau data yang diinginkan oleh user. Sederhananya, cara kerja processor hampir sama dengan kalkulator, yaitu memproses data aritmatika, namun pada prinsipnya processor hanya mengenali bahasa mesin yakni bilangan 0 dan 1.

Untuk cara pemasangannya, processor biasanya dipasang pada motherboard yaitu diletakan pada socket yang telah disediakan. Hari ke hari, processor akan selalu terus berkembang dan mengeluarkan versi terbarunya, namun kita jangan khawatir karena kita dapat menggonta-ganti processor kita yang kita simpan di motherboard tadi kok, asal socketnya sesuai.


Pengertian dan Fungsi Processor

Processor adalah hardware komputer yang bertugas untuk mengolah segala data yang dibutuhkan oleh user. Istilah lain dari processor adalah CPU, selain itu processor juga kerap kita sebut sebagai otak atau pusat kendali dari sebuah komputer seperti apa yang telah dijelaskan diatas. Processor merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Kecepatan eksekusi processor tergantung pada frekuensinya, satuan adalah MHz (MegaHertz) atau GHz (1 GigaHertz = 1000 MegaHertz).


Jenis-Jenis Processor

Menurut pabrik pembuatannya, processor dibagi dalam beberapa macam yaitu:

1. Intel


Pengertian, Fungsi, dan Jenis Processor
Siapa yang gak kenal Intel? Perusahaan besar asal USA ini sudah terkenal di seluruh dunia. Intel ini bukan anak baru dalam dunia komputer, perusahaan ini berdiri pada tahun 1968 dan sampai sekarang eksistensinya masih sangat ZEEB! Jadi, tak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk dari Intel. Selain dari history perusahaannya, produk dari Intel juga memiliki kelebihan-kelebihan yang membuat produk ini laris manis di pasaran, apa aja kelebihannya? Cekidot!

  • Lebih tahan panas di banding prosesor pabrikan lainnya
  • Produksinya lebih populer dulu di banding brnad yang lainnya, sehingga memiliki daya jual yang sangat tinngi
  • Memiliki kelebihan Turbo Bost, pada intel Core i3. care i5, dan core i7, sehingga mempercepat pemrosesan.
 2. AMD (Advanced Micro Deviced)


Pengertian, Fungsi, dan Jenis Processor

AMD, brand ini juga sudah sangat terkenal dan berpengalaman di dalam dunia komputer. Produk dari perusahaan ini biasanya memiliki performa yang sangat baik untuk bermain game, jadi tak heran banyak gamers yang memilih produk-produk dari perusahaan ini untuk memperkuat alat perang mereka. Selain processor, AMD juga memproduksi VGA dan alat-alat komputer yang lainnya. Sama seperti Intel, AMD juga berasal dari negeri paman Sam yaitu USA. Walau berasal dari tanah yang sama, 2 perusahaan ternama ini tetap bersaing dalam dunia bisnis. AMD juga memiliki kelebihannya sendiri, diantaranya adalah:

  • Enhanced Virus Protection (EVP): Tekhnologi untuk mendeteksi virus
  • Hyper Transport Tekhnologi: Mempercepat lalulintas transfer data
  • Integrated Memory Controller: Memungkinkan Processor untuk melakukan pengaksesan memory langsung tanpa melewati chipset northbridge terlebih dahulu
  • Cool’n’Quiet: Untuk menghemat daya
  • Lebih murah dengan performa lebih baik
  • AMD yang sekarang juga tidak panas.
3.  ARM (Advanced RISC Machine)

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Processor

Processor ini adalah salah satu produk yang dikembangkan oleh perusahaan ARM Limited. Mungkin kita jarang mendengar komputer yang menggunakan processor ini, karena processor ini memang bukan untuk PC melainkan untuk handphone, music player, dan juga router. Keunggulan dari processor ini diantaranya adalah:

  • Aplikasi Aman
  • Aplikasi Platform
  • Tertanam Sistem Real-Time
4. Cyrix

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Processor


Cyrix, processor ini merupakan processor komputer. Cyrix sendiri merupakan perusahaan produsen processor yang sudah lumayan senior, Cyrix didirikan pada tahun 1988. Memang kita sekarang jarang mendengar tentang processor ini, ya karena secara kualitas processor ini masih diungguli oleh Intel dan AMD, namun Cyrix juga memiliki keunggulan yaitu kecepatannya yang optimal.

5. Transmeta

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Processor


Transmeta, processor ini adalah salah satu produk perusahaan Transmeta Corporation. Sebelum gulung tikar, processor Transmeta adalah pesaing yang tak bisa diremehkan bagi Intel dan AMD. Alasan para konsumen memilih produk ini dikarenakan harga yang relatif murah, hanya membutuhkan aliran listrik yang relatif sedikit, dan juga processor ini tidak cepat panas.

6. Via

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Processor

Via berkembang setelah processor Cyrix, karena processor Cyrixlah yang diakusisi oleh Via ini. Tujuan pembuatan dari processor ini ialah untuk menjalankan perangkat-perangkat kecil komputer dan perangkat-perangkat yang ringan.

7. Centaur


Kualitas dari processor yang satu ini masih kalah dibanding processor-processor lain yang ada diatas. Processor ini hanyalah processor lokal dan dibuat pada tahun 1995 oleh Glen Henry dan teman-temannya.

Itulah pembahasan kita mengenai pengertian, fungsi dan jenis processor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua ya sobat! Good bye!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »